Salam !

 

Writing

Kepada Yang Kekasih,

Salam dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai seluruh Jemaat-Nya. Kepada Yang Kekasih, Gembala-gembala, Para Penatua, Para Pemimpin, yaitu Malaikat-Malaikat dari Jemaat Tuhan di Akhir Zaman.

Kedatangan Tuhan sudah sangat dekat. Berita ini telah disampaikan berabad-abad. Walaupun kedengarannya usang, namun suatu hari berita ini harus membangunkan gereja-Nya, terutama hamba-hamba-Nya: Para Pemimpin Jemaat yang dipercaya menjadi Pengurus Rumah Tangga Tuhan, sampai Ia datang kembali (Luk 12:42).

Dalam rangka inilah, saya, hamba dari Tuhan Yesus, bukan seorang yang dikenal oleh siapapun, namun telah mendapat kemurahan yang besar dari Tuhan, untuk menyampaikan penyingkapan nubuat-nubuat yaitu Kesaksian Yesus yang tersembunyi berabad-abad. untuk dinyatakan bagi jemaat-Nya di akhir zaman. Supaya genaplah apa yang dikatakan Alkitab: ‘Oleh orang yang paling hina diantara orang kudus, dinyatakan apa isi tugas penyelenggaraan rahasia dan diberitahukan kepada pemimpin-pemimpin rohani’ (Efe 3:8-10)

Dan inilah zaman akhir itu: Yaitu kita yang sekarang ada dalam perjalanan menuju kesana. Tidak lebih dari ‘satu sabat’ perjalanan kita akan segera melihat Tuhan Yesus. Dia akan segera mengumpulkan umat-Nya dari segala penjuru bumi.

Namun sebelum itu seorang Antichrist, seperti yang diberitakan oleh Rasul Yohanes, akan segera muncul. Sampai ia yang harus binasa ini muncul, tidak lebih dari ‘tiga hari’ perjalanan. Sebab ia itu raja kedelapan (Wah 17:10-11), ia akan muncul setelah raja ketujuh. Sedangkan raja ketujuh itu telah memerintah selama ‘empat hari’. Padahal ia hanya akan bertahan seketika saja, tidak lebih dari ‘satu sabath’ perjalanan lamanya. Itulah jarak dari bukit Zaitun ke Yerusalem (Kis 1:12).

Oleh karena waktu yang singkat itu, saya bergegas mengirimkan tulisan yang saya susun selama berbulan-bulan oleh pertolongan Tuhan. Materi ini untuk dikirimkan kepada pemimpin-pemimpin jemaat, untuk diuji dan setelah itu dimengerti. Untuk diberitakan dan sekaligus persiapan bagi jemaat di wilayah tanggungjawab masing-masing.

Janganlah berlambat-lambat untuk mengertinya. Karena apa yang disembunyikan kepada Daniel telah dinyatakan kepada kita hari ini, dengan maksud menyempurnakan gerejanya pada zaman akhir. Karena sungguh gereja-Nya akan menjadi sempurna ketika ‘Mempelai Pria’ datang (Wah 7:9-17).

Apabila ada perbedaan pengertian tentang beberapa hal. Sisihkanlah dahulu pengertian yang lama. Jangan berhenti membaca, cobalah untuk memeriksa. Firman Tuhan katakan: rahasia nubuatan akan tersembunyi, sampai akhir zaman (Dan 12:9). Dan bila akhir zaman itu telah tiba, barulah pengertian yang sempurna, akan disingkapkan. Jadi pengertian yang sepotong-sepotong, akan digantikan dengan pengertian yang menyeluruh (1Kor 13:9-10). Ujilah apakah tulisan-tulisan ini, menyingkapkan banyak rahasia yang tersembunyi.

Dan jikalau surat ini sangat mengganggu. Janganlah beranggapan, ada yang sedang menyombongkan: pengertiannya yang sedikit. Dan berusaha menggurui, orang yang sudah bertahun-tahun melayani dan penuh asam dan garam. Janganlah menjadi terlalu asam dan terlalu asin, sehingga kita tidak dapat lagi diajar. Sering orang yang diperintahkan Tuhan mengeluh: ‘siapakah yang akan mendengarkan orang kecil?’ Tetapi Ia memang menguji hamba-hamba-Nya sendiri. Bukankah ada tertulis ‘Semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil’.

Tuhan sayang kepada hamba-hamba yang rendah hati. Dia akan menuntun mereka menurut hukum. Jalan-Nya akan ditunjukkan kepada mereka (Maz 25:9). Tetapi orang yang tinggi hati tidak akan terluput dari hukuman (Ams 16:5). Karena mereka akan menolak untuk mengerti apa yang harus menjadi tanggungjawabnya.

Sebab pada era Antichrist, jemaat harus berada di ‘padang gurun’ (Wah 12:14). Dan gembala-gembala bukan tanpa tugas. Tetapi harus memberi makanan kepada jemaat pada waktu yang ditentukan. (Luk 12:42). Mereka inilah pengurus rumah yang setia dan bijaksana. Yang akan diangkat oleh Tuannya kalau Ia datang kembali, menjadi kepala atas semua milik-Nya, yaitu pada masa Pemerintahan Seribu Tahun di bumi (Luk 12:43-44).

Tetapi ada gembala-gembala yang tidak percaya. Telinga mereka telah tebal oleh berita-berita penyesat. Yang pada masa-masa silam memang telah dikirimkan untuk membuat tebal telinga orang-orang yang tidak tekun. Mereka akan berpikir: ‘Apakah yang membedakan kali ini? Bukan hanya kali ini saja aku mendengar bahwa Kedatangan-Nya sudah dekat’ (Luk 12:45). Tanpa meneliti mereka berlalu dan mengabaikan. Inipun suatu ejekan, genaplah firman tentang pengejek-pengejek (2Pet 3:3). Mereka ini akan ditinggal, tidak diangkat, senasib dengan orang-orang yang tidak percaya (Luk 12:46).

Adapula gembala-gembala yang telah menerima berita ini. Tetapi tidak bertindak untuk memberitakan hal ini atau mempersiapkan jemaat-Nya. Mereka ini, sekalipun diangkat, namun akan menerima banyak pukulan (Luk 12:47). Pukulan itu akan berbekas dan disesali selamanya. Pukulan itu ialah: gembala itu akan melihat jemaat yang dipercayakan Tuhan kepadanya, tercerai-berai pada masa padang gurun. Kepada mereka inilah, Rasul Yohanes memperingatkan: supaya memiliki iman yang berani agar tidak usah malu terhadap Dia waktu Kedatangan-Nya (1Yoh 2:28).

Apakah lagi yang ingin saya sampaikan? Tidak ada. Setelah berita ini dikirimkan kepada para Malaikat dari Jemaat-Nya, tugas pengirim selesai.

Sekarang marilah bergegas mengirimkan surat ini ke seluruh dunia. Sambil mengerjakan juga tugas penyelenggaraan rahasia ini bagi jemaat yang Tuhan percayakan. Berharap semua Saudara berbeban dengan harapan yang sama: ‘Membuat banyak orang mengerti hal ini’ (Dan 11:33a)

 

abram thio – hamba dari Tuhan Yesus.

Comments are closed.